GpC9GpW9TpO8TfCpBSC5BUM9GY==

Slider

Ragam Motif Batik Banyumas


 Purwokerto. Menelisik keragaman corak dan motif batik seperti menelusuri keindahan peradaban seni dan budaya,tidak terkecuali batik Banyumas.Keanegaraman hayati seperti flora dan fauna menjadi obyek dalam setiap liukan canting.Tidak heran jika ragam motif banyumas melukiskan keindahan alam pegunungan yang agraris dengan latar gunung slamet dan peradaban kehidupan pinggiran sungai serayu dibawahnya.

 Aneka ragam motif batik banyumas cukup beragam.selain corak warna batik Banyumas yang khas yaitu warna warna cokelat dan hitam atau disebut warna sogan menjadi ciri dari batik Banyumas.Sementar itu corak yang dituangkan dalam lembaran mori berupa motif lumbon,jahe serimpang,pring sedapur.babon angrem,ayam puger dan lain sebagainya.

Pada perkembangannya warna warna batik sogan juga makin berkembang menjadi warna warna yang banyak disukai atau bahkan mengikuti trend fashion yang terus mengikuti perkembangan zaman.warna warna cerah juga kini muncul warna warna cerah seperti kuning ,merah hijau,biru  bahkan warna pastel juga ada.

Pada masanya kain batik hanya dikenangan sebagai kain jarik,tapi kini kain jarik berkembang menjadi fashion.Selembar batik bisa diubah menjadi gaun yang cantik atau baju formal bahkan casual. 

Daerah atau wilayah yang menjadi sentra batik di Banyumas seperti di Sokaraja dan Desa Papringan diwilayah ini banyak pengrajin batik baik batik tulis maupun batik cap.

Penulis: Dondome Editor: Ari Nugroho

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Batik Dejarumi
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.